fbpx

CARA MENCUCI SLEEPING BAG YANG BAIK DAN BENAR

Jika kamu sering mendaki gunung atau camping, tentu tak akan asing dengan peralatan autdoor. Seperti sleeping bag misalnya, sleeping bag bisa membantu kamu terlelap saat berada di luar ruang, sehingga merasa nyaman dan terlindung dari hawa dingin. Tapi pernahkah kamu bertanya-tanya bagaimana cara mencuci sleeping bag yang benar?

Pertanyaan ini sebenarnya bersifat mendasar, lantaran sleeping bag memiliki harga yang cukup lumayan untuk kualitas baik. Perawatan yang tepat dan cara mencuci yang benar bisa membuat sleeping bag kamu awet, sehingga bisa digunakan terus menerus dan selalu terlihat baru.

Nah, untuk mengetahui cara mencuci sleeping bag yang baik dan benar, kamu bisa lihat penjelasan di bawah ini.

Cara Mencuci Sleeping Bag Tanpa Mesin Cuci

Tahu ngga kamu kalau tanpa perawatan yang baik, sleeping bag berisiko rusak meski jarang Kamu pakai, lho. Untuk menjaganya agar layak pakai dan bebas bau. Sleeping bag setelah selesai digunakan akan menjadi kotor dan biasanya memiliki bau yang kurang sedap. Maka sebelum disimpan, kamu harus mencucinya terlebih dahulu. Yuk simak cara mencuci sleeping bag yang baik dan benar.

  1. Siapkan Ember Besar

Kamu perlu ember bessar untuk mencuci Sleeping bag di karenakan ember besar membantu kamu untuk merendam Sleeping bag. Setelah ember besar disiapkan, segera isi menggunakan air sampai penuh.

  1. Rendam Sleeping Bag dengan Air

Kamu bisa memulai mencuci dengan merendam sleeping bag, perendaman pada sleeping bag sangat penting untuk mengeluarkan semua kotoran yang tak bisa lihat. Pastikan air yang digunakan untuk merendam benar-benar bersih ya.

 

  1. Ganti air dan tambahkan sabun khusus

Setelah kamu merendam sleeping bag selanjutnya kamu bisa mengganti air dengan air yang bersih dan tambahkan sabun khusus untuk mencuci sleeping bag, sebaiknya hindari penggunaan deterjen  karena bisa membuat bahan sleeping bag menjadi cepat rusak, sebagai saran kamu bisa gunakan sabun khusus dari produk tenwas yaitu JSC Cleaner   Sabun yang di formulasikan khusus untuk sleeping bag dengan bahan ramah lingkungan dan tidak mengandung bahan seperti detergen, SLS serta SLES.

  1. Kucek Sleeping Bag dengan tangan

Kucek sleeping bag seperlunya dan tidak harus terlalu lama, kecuali jika masih ada banyak noda yang menempel pada sleeping bag.

  1. Bilas Sleeping bag dan keringkan

Proses pembilasan yang baik akan berpengaruh pada kenyamanan sleeping bag kamu pakai lagi. Pastikan air yang digunakan dalam tahap ini benar-benar bersih agar proses pembilasan sempurna. Setelah sleeping bag di bilas kamu bisa langsung keringkan sleeping bag di bawah sinar matahari.

Bagaimana? Mencuci Sleeping bag ternyata cukup mudah, bukan? Praktikkan cara di atas ketika mencuci sleeping bag kesayangan kamu agar tetap awet dan tampak seperti baru setiap saat.

Written by

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top